Kamis, 18 Desember 2014
scalable image
   HOME   PRODUK PERUNDANGAN   PROFIL      KONTAK KAMI    GALERI   LINK TERKAIT    SITEMAP   






KAKANKEMENAG KOTA PADANG PANJANG PIMPIN PEMUSNAHAN 1.950 PASANG BUKU NIKAH

Foto

Sebanyak 1.950 pasang buku nikah pada Jajaran Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang dimusnahkan. Prosesi pemusnahan dipimpin langsung oleh Kakankemenag Drs. H. Asra Faber pada hari selasa 8 Maret 2011 di halaman belakang kankemenag setempat yang disaksikan oleh pihak terkait seperti kepolisian dan segenap panitia. Kegiatan pemusnahan tersebut dalam rangka menindaklanjuti surat Direktorat Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama Republik Indonesia nomor : Dj.II/KS.01.2/093/2011 tanggal 31 Januari 2011 dan surat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Sumatera Barat nomor : KW.03.2/1/PW.01.2/155/2011 tanggal 14 Februari 2011 tentang Penghapusan/ Pemusnahan Buku Nikah.
Kepala Kankemenag Drs. Asra Faber dilokasi pemusnahan menjelaskan bahwa penghapusan dan pemusnahan buku nikah ini disamping sebagai prosedur tetap pada instansi pemerintah,khususnya di lingkungan Kementerian Agama R I juga untuk menyelamatkan generasi dan ummat Islam dari hal yang menyimpang. Lebih lanjut Asra Faber yang di dampingi Kasi Urais Editiawarman, S.Ag merinci tujuan dari pemusnahan ini yaitu pertama ; untuk menertibkan administrasi. Sebagaimana diketahui bahwa buku nikah yang saat ini dimusnahkan masih berlabel Departemen Agama, seiring perubahan nama dari Departemen kepada Kementerian membawa perubahan kepada buku nikah yang baru. Kedua menghindari penyalahgunaan buku nikah oleh pihak-pihak tertentu seperti kawin liar, nikah bawah tangan dan praktek-praktek penikahan ilegal lainnya. Selanjutnya Asra Faber menghimbau masyarakat, khususnya ummat Islam yang akan melangsungkan pernikahan agar mengikuti prosedur yang berlaku, sehingga pernikahan yang dilaksanakan sah secara agama dan sah menurut undang-undang yang berlaku.
Sementara itu pihak Kepolisian menyambut baik langkah yang diambil Kementerian Agama ini. Hal itu diungkatpan Aiptu Sudirman dari Polres Padang Panjang yang menjadi salah seorang saksi pada pemusnahan buku nikah tersebut, bahwa upaya ini untuk meminimalisir pelanggaran hukum di tengah-tengah masyarakat.

Diupload oleh Azwar Hadi SAg (-) dalam kategori Bidang Urais pada tanggal 08-03-2011 13:38

Berita Terkait
©2008 Kementerian Agama Republik Indonesia Pusat Informasi Keagamaan dan Kehumasan
Halaman ini diproses dalam waktu 0.011954 detik